-->

Korean Movie Review : More Than Family (2020)

 

Review More Than Family

More Than Family adalah film drama komedi keluarga yang disutradari oleh Choi Ha-na dan dibintangi Krystal Jung, Jang Hye-jin, dan Choi Deok-Moon. More Than Family tayang serentak di Korea Selatan pada bulan November dan akan tayang di layangan streaming iQiyi pada bulan ini.

Seorang mahasiswi bernama To-il (Krystal) berkerja sebagai tutor privat siswa SMA di Seoul dan mereka saling jatuh cinta. Suatu insiden kecil terjadi sehingga membuatnya To-il hamil dengan muridnya sendiri, Ho-hun (Shin Jae-hwi). Lima bulan kemudian, mereka berdua baru memberitahu orang tua mereka masing-masing. Orang tua To-il geram dengan putrinya, sementara orang tua Ho-hun justru sebaliknya merasa bahagia. Dari percakapan dengan orang tua Ho-hun yang membahas tentang seorang ayah mengantarkan putrinya menikah, membuat To-il ingin mencari tahu identitas ayah kandungnya di kota tempat ia dibesarkan.

Review More Than Family

Perjalanan To-il membuka satu per satu kenangan masa kecilnya. Hingga akhirnya membuat bati dan pikiran To-il bergejolak. More Than Family mengambil fokus pada konflik batin Toi-il dan hubungannya dengan ayah-ibu kandungnya, serta ayah tirinya. Ketidakharmonisan orang tuanya rupanya berbuah trauma pada sang putri yang memiliki ketakutan akan kebahagiaannya di masa depan. Konflik yang demikian kompleks ini  mampu disajikan dengan ringan, dibalut sisi komedi yang sangat menghibur. Adu mulut dan ceplosan konyol di antara para karakternya amat dominan sepanjang film.

Teknik one take dan long shot menjadi kekuatan tersendiri di sepanjang adegan pada film ini. Tak banyak aktor yang siap mendapat adegan seperti ini. Kasting dan akting adalah kunci dari segalanya, dan seperti kebanyakan film Korea, para pembuat film seperti tidak pernah meleset mengkasting para pemain untuk peran tertentu. Akting Krystal cukup berhasil, applause untuk gestur dan bahasa tubuhnya selama berpesan sebagai wanita yang sedang hamil. Ada kabar juga bahwa wardrope To-il sepenuhnya baju pribadi sehari-hari milik Krystal sendiri.

Review Korean Movie : More Than Family (2020)


“Kita jalani dulu, jika pada akhirnya harus bercerai, tak apa”

More Than Family menampilkan kisah menghibur bertema hamil di luar nikah dengan problematika keluarga yang sering kita temui. Dialog kunci berada di penghujung film antara To-il dengan sang ibu yang sempat menimbulkan pro dan kontra. Jika berpatok pada hukum dan tradisi tentu pernyataan ini jauh dari ideal yang melemahkan nilai sebuah pernikahan. Namun, jika berpatok pada realita, To-il juga tidak salah. Kebahagiaan keluarga bisa dicapai melalui situasi dan cara yang tidak ideal. Perjalanan mencari keluarga dan calon suaminya membuat To-il menemukan cara pandang baru pada dirinya.

No comments:

Post a Comment