-->

Korean Movie Review : Pawn 담보 (2020)


Cerita film ini bermula bermula ketika dua penagih hutang, Doo-seok dan Jong-bae, menagih utang kepada Myung-ja. Kesulitan ekonomi membuat Myung-ja tidak bisa membayar utang, bunga, atau memberikan jaminan kepada Doo-seok. Doo-seok memberikan penawaran untuk menjadikan Seung-yi, anak Myung-ja untuk dijadikan jaminan. Karena ia yakin bahwa seorang ibu akan mencari segala cara untuk menyelamatkan anaknya. Tentunya Myung-Ja menolak, tapi Doo-seok memaksakan diri merebut Seung-yi dari pelukan ibunya dan memberi tenggat waktu 1 hari untuk melunasi hutangnya sebesar 750.000 won.



Myung-Ja awalnya mengatakan bahwa suaminya baru saja meninggal, namun faktanya suaminya kabur bersama wanita lain dan menikah dengan wanita Korea. Myung-Ja sendiri merupaka imigran gelap dari China. Malam ketika ia mencoba menghubungi kerabatnya untuk meminta bantuan. Pamannya akhirnya mau membantunya. Namun, masa depan memang tidak bisa ditebak. Salah satu teman suaminya melaporkannya pada petugas imigrasi, mau tidak mau ia harus dideportasi.




Singkat cerita, akhirnya Seung-yi diasuh oleh Doo-seok &  Jong-bae. Mereka berusaha keras untuk memberi Seung-yi kehidupan yang layak. Hingga suatu saat, Ibu kandung Seung-yi di China divonis akan meninggal dalam waktu dekat karena penyakit parah. Seung-yi ditemani Doo-seok akhirnya terbang ke China, di sana Doo-seok menemukan fakta baru bahwa ayah Seung-yi masih hidup. Myung-ja meminta pertolongan kepada Doo-seok untuk menemukannya. Doo-seok sendiri tidak sadar bahwa ia mengidap penyakit parah, apapun demi Seung-yi ia utamakan. Seung-yi akhirnya bertemu dengan ayah kandungnya, tapi baginya Doo-seoklah ayahnya yang sebenarnya. Sepulang dari pertemuan dengan ayah kandungnya, Seung-yi meminta Doo-seok untuk menjemputnya dengan berkali-kali memanggilnya "Appa". Tanpa disadari, itu adalah pecakapan terakhir di antara mereka. Karena suatu kejadian, Doo-seok menghilang.

Seung-yi remaja

Storyline film ini sebenarnya biasa saja, tapi bisa dinikmati. Akting pemainnya yang membuat film ini ngena dan kuat. Karakter Tsundere Sung Dong-il ngga pernah mengecewakan, sedangkan akting Park So-yi (Seung-yi kecil) paling berhasil di sini, secara ia menyisihkan 300 orang ketika casting karakter Seung-yi, ia berhasil mengekspresikan rasa sekaligus membuatku terkagum-kagum dengan kualitas aktingnya. Justru ketika Seung-yi telah dewasa, aku ngerasa B aja. Ada beberapa mis untuk perubahan karakter dari remaja ke dewasa, yang seharusnya beberapa scene diperankan oleh Seung-yi remaja (Hong Seung-hee). Untuk karekter Jong-bae (Kim Hee-won), aku berharap ada lebih banyak scene yang memperlihatkan ia mempengaruhi daya penasaran Seung-yi akan ilmu. Kim Hee-won sendiri sering mendapat karakter yang cukup berbeda dengan karakternya di Pawn, kasar dan jahat dan urakan.

Film ini terasa cepat tapi sesungguhnya memiliki durasi yang cukup panjang, 113 menit, hampir 2 jam. Entah ini bisa menjadi kelemahan atau tidak. Perubahan karakter begitu cepat, terlebih di awal film.

Overall, film ini sangat cocok buat ditonton, ringan & membuat kita menangis sesegukan haha,Awas nanti jatuh cinta sama senyuman Seung-yi!



 


No comments:

Post a Comment