-->

Review Drama Korea: Kairos (2020)

 

Kairos (카이로스) adalah drama Korea yang diproduksi oleh stasiun TV MBC disutradari oleh Park Seung Woo dan naskahnya ditulis oleh Lee Soo Hyun. Dibintangi oleh Shin Sung Rok, Lee Se Young, Nam Gyu Ri, Ahn BoHyun, Kang Seung Yoon, dan lainnya. Drama yang bergenre time travel dan fantasi ini tayang pada hari Senin-Selasa tanggal sejak 26 Oktober – 22 Desember 2020.

Kairos menceritakan tentang penculikan anak dari Kim Seo Jin (Shin Sung Rok), seorang direktur muda di perusahaan konstruksi Yujung dengan Kang Hyun Chae (Nam Gyu Ri), seorang pemain biola. Saat berjuang untuk menemukan anaknya, tak sengaja Kim Seo Jin berkenalan lewat telepon dengan Han Ae Ri, seorang gadis biasa dari lini masa sebulan yang lalu. Sama –sama memiliki kejadian yang buruk terkait anggota keluarga, karena ibu Han Ae Ri yang juga menghilang, mereka bekerjasama untuk menemukan keduanya hingga berujung pada masalah baru yang tidak terduga.

REVIEW DRAMA KAIROS (2020)


Drama ini mungkin mirip dengan drama Signal (2016) dari segi genre fantasi dan para tokoh utama yang terhubung dari lini waktu yang berbeda. Namun, karena aku belum menonton Signal dan poin utama kasus yang disajikan berbeda, jadi aku tidak dapat melakukan perbandingan antar kedua drama tersebut. Sebenarnya drama ini sudah cukup bagus, namun harus kalah rating dengan Penthouse serta kalah tenar dibandingkan dengan berita Han Ji Pyeong-nya Start Up dikalangan fans drama internasional. Padahal premis yang ditawarkan cukup menarik bagi aku. Tapi memang penonton Korea lebih tertarik pada tema perselingkuhan yang memang sedang naik daun akhir-akhir ini.

.Sebenarnya, aku jarang sekali menonton drama dari channel MBC.  Namun, alasan aku menonton drama ini yaitu adanya Lee Se Young yang beberapa dramanya aku tonton seperti Puberty Medley, The Best Hit dan The Crowned Clown. Akting Shin Sung Rok sudah tidak perlu diragukan lagi, serta adanya si scene-stealer Kang Seung Yoon yang terkadang membuat lupa sejenak kalau ia adalah idol karena aktingnya yang apik. Mungkin drama ini mengandung beberapa hal yang sama dengan drama-drama Korea sebelumnya, terkait kekuasaan, perselingkuhan, serta strata sosial. Namun, yang membuat seru untuk terus menonton adalah alurnya yang susah ditebak dan adanya plot twist di setiap episodenya, sehingga penonton akan penasaran apa yan terjadi selanjutnya.

Karakter yang paling aku sukai disini adalah Im Geun Wook (Kang Seung Yoon) yang cukup berpengaruh dalam pemecahan kasus serta sanggat setia kawan untuk membantu Ae Ri mengatasi masalah yang dihadapi. Menurut aku karakter yang diperankan Nam Gyu Ri dan Ahn Bo Hyun kurang kuat eksistensinya namun cukup untuk membumbui cerita dalam drama ini. Dan seperti drama bertema kekuasaan lain, macam The Lies Within dan Remember, peran antagonis jatuh pada pimpinan suatu perusahaan yang merambisi memperluas usahanya tanpa memperhatikan masyarakat biasa serta terbantu dengan adanya koneksi dengan tokoh berkuasa lainnya. Bedanya, tokoh polisi disini dangat berpengaruh dan dapat diandalkan untuk setiap permasalahan yang muncul.

Kairos memang menyajikan alur yang agak membingungkan, saat aku nonton episode terakhir drama ini, sempat terbesit, “bagaimana bisa awal dari episode yang menceritakan tentang penculikan anak berujung menjadi kasus penyelewengan kekuasaan seorang pimpinan perusahaan?”. Namun, karena dikemas dengan bagus setiap episodenya, sehingga adanya keterkaitan antar cerita satu sama lain dan penonton bisa menyingkirkan kebingungan sejenak.

Overall, drama ini layak dan seru ditonton in spite of ratingnya yang hanya 2 – 3%, namun kualitas yang disajikan tidak sebanding dengan angka yang tertera. Harapan aku, semoga Kairos masuk nominasi drama terbaik Baeksang Arts Award 2021, hehe.

Baca juga: Apakah Seo Hyun-jin Membintangi Drama Baru SBS?

No comments:

Post a Comment